Program Training of Trainer Solusi Peningkatan Karir dan Penghematan Biaya Perusahaan

Program Training of Trainer Solusi Peningkatan Karir dan Penghematan Biaya Perusahaan dengan mengedepankan efisiensi namun tetap mengutamakan kualitas.

Peningkatan karir adalah salah satu tujuan utama bagi setiap karyawan dalam bekerja, karena dalam setiap kenaikan jenjang karir tentunya akan di ikuti pula oleh peningkatan hak yang akan diterima oleh karyawan disamping kewajibannya yang harus diberikan kepada perusahaan.

Dari sisi perusahaan, meningkatkan karir seorang karyawan tentunya juga di iringi dengan konsekuensi logis yang di tuntut dari karyawan tersebut mulai dari kualifikasi, kualitas, kapabilitas, dedikasi dan tanggung jawab yang bersangkutan terhadap tugas-tugas lebih berat yang akan diberikan oleh perusahaan berikut dengan target pencapaiannya yang lebih tinggi pula.

Untuk dapat mencapai tujuan dari kedua belah pihak tersebut, maka training lah yang menjadi jembatan sebagai masa persiapan dan juga transisi bagi seorang karyawan serta media bagi perusahaan untuk melakukan seleksi awal terhadap calon karyawan yang akan di pilih.

Namun sering kali training yang di lakukan tidak di persiapkan dengan baik dan tidak dukung oleh fasilitas yang mumpuni terutama kualitas trainer/instruktur yang memberikan training atau pelatihan, sehingga akibat nya kualitas yang di hasilkan tidak sesuai harapan dan tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan serta waktu yang telah dikorbankan oleh perusahaan, mengingat TRAINING ADALAH INVESTASI baik bagi perusahaan maupun karyawan.

Training of Trainer Solusi Peningkatan Karir

Oleh karena itu, mempersiapkan seorang trainer berkualitas dari karyawan yang terpilih merupakan salah satu faktor terpenting demi sukses nya training sesuai tujuan perusahaan sekaligus dapat menjadi bagian tahapan seleksi dalam peningkatan karir karyawan.

Bagaimana Mempersiapkan Instruktur Berkualitas ?

Mengingat training adalah investasi perusahaan dalam bentuk peningkatan kualitas SDM nya, maka kualitas personil yang diberikan tanggung jawab (instruktur/trainer) harus mendapat perhatian lebih besar terlebih dahulu sebelum dia memberikan training kepada karyawan lainnya.

Pekerja terampil saat ini makin sulit ditemukan. Agar tetap kompetitif, produktif, dan menguntungkan, perusahaan/organisasi memerlukan pelatihan yang berkelanjutan dan berorientasi pada hasil. Karenanya, peran trainer dalam perusahaan sangat dibutuhkan, dan mereka harus dibekali keterampilan praktis dan strategi pelatihan terbaru untuk melakukan pelatihan dengan baik.

Memilih dan mempersiapkan seorang trainer berkualitas harus memperhatikan beberapa faktor penting :

  1. Kualitas Tekhnis. Dalam mengerjakan tugasnya setiap karyawan tentunya diawal sudah di tuntut untuk memiliki kualitas dasar secara tekhnis berdasarkan kualifikasi yang dibutuhkan untuk tugas tersebut. Seiring berjalan waktu dalam pelaksanaan tugas-tugas tersebut, perusahaan tentunya sudah memiliki perangkat dan dapat melakukan penilaian terhadap kualitas tekhnis yang dihasilkan dari setiap karyawannya. Dengan demikian secara tekhnis perusahaan sudah dapat menentukan personil karyawan yang memiliki kualitas baik dan layak untuk di promosikan.
  2. Presentation Skill. Tidak setiap orang yang memiliki kualitas individu baik secara tekhnis juga mampu menyampaikan pengetahuan dan skill nya dengan baik kepada orang lain, untuk itu presentation skill terutama di depan umum dan kepada banyak orang sangat dibutuhkan bagi personil yang akan di berikan tanggung jawab oleh perusahaan untuk menjadi seorang trainer.
  3. Leadership Skill. Memberikan training merupakan salah satu “seni” mempengaruhi orang lain, karena apa yang disampaikan oleh seorang trainer harus dapat di mengerti dan di ikuti oleh para trainee/siswa nya bahkan menjadi salah satu acuan dalam pelaksanaan tugasnya pasca training tersebut. Untuk itu seorang trainer harus mampu “mempengaruhi” trainee nya untuk percaya dan mau mengikuti apa yang dia sampaikan dan ini juga menjadi salah satu skill wajib yang harus di miliki oleh seorang leader. Oleh karena itu, leadership merupakan skill basic yang penting yang juga harus di miliki oleh seorang trainer.
  4. Minat dan Loyalitas. Tidak setiap orang yang memiliki skill tekhnis, presentation dan leadership yang baik mau menjadi seorang trainee/instruktur dan begitu pun tidak setiap karyawan yang memiliki kualitas individu yang baik akan bisa di pastikan loyal terhadap perusahaan. Namun dengan “investasi” berupa pembekalan terbaik yang diberikan oleh perusahaan sebagai salah satu bentuk penghargaan dan pengakuan, dapat menumbuhkan minat seorang karyawan untuk juga memberikan yang terbaik dan loyalitas nya terhadap perusahaan tempat dia bekerja.
  5. Pembekalan dengan Training of Trainer. Dengan pemahaman diatas, maka jelas bahwa menjadi seorang trainer/instruktur tidak hanya sekedar mengajar atau menyampaikan apa yang dia tahu namun juga memiliki tanggung jawab moral yang lebih besar terhadap kualitas trainee/siswa nya dan kemajuan perusahaan/organisasi melalui hasil kerja para trainee/siswa nya tersebut. Untuk itulah, pembekalan Training of Trainer kepada seorang calon instruktur/trainer menjadi sangat penting untuk memastikan kualitas training sesuai harapan perusahaan/organisasi.

Training of Trainer Solusi Peningkatan Karir

Training of Trainer Solusi Peningkatan Karir.

Tidak ada karyawan yang bekerja tidak ingin karir nya meningkat, karena keinginan peningkatan karir sejatinya sejalan dengan peningkatan kualitas diri dalam bekerja dan mentalitas karyawan seperti ini sangat dibutuhkan untuk kemajuan perusahaan/organisasi.

Jika mengacu pada peningkatan kualitas individu, maka faktor senioritas sejatinya sudah tidak lagi menjadi dasar utama peningkatan karir seorang karyawan dan hal ini sudah lazim diterapkan oleh perusahan/organisasi modern dan berkembang saat ini.

Mengingat setiap jenjang karir yang lebih tinggi dapat dipastikan memberikan tanggung jawab dan membutuhkan kualitas yang lebih tinggi pula, maka kesiapan seorang individu dan pembekalan terbaik yang diberikan perusahaan menjadi kunci utama.

Menjadi seorang instruktur/trainer adalah merupakan salah satu tahapan pembuktian tanggung jawab dan kualitas diri, dengan Training of Trainer akan mempersiapkan untuk menjadi instruktur/trainer yang baik.

Seseorang yang sudah memiliki kualifikasi “trainer” selain memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan perusahaan tempat dia bekerja, juga dapat berkontribusi secara umum sesuai kualifikasi tekhnis tanpa terikat pada suatu perusahaan/organisasi.

Di era milenial sekarang ini dimana banyak sekali kawula muda yang memilih menjadi pekerja lepas (freelance), skill tekhnis dan kemampuan sebagai trainer yang baik dapat menjadi perpaduan yang sangat unggul untuk dapat menyelenggarakan berbagai pelatihan umum baik secara offline maupun online.

Training of Trainer Solusi Peningkatan Karir

Training of Trainer dapat Menghemat Biaya Perusahaan.

Training of Trainer adalah pola pengembangan SDM yang sering digunakan perusahaan/organisasi. Karyawan yang dilatih menjadi trainer kemudian melatih karyawan lain, dan pada saat yang sama mengajar mereka untuk melatih karyawan lain lagi. Karena trainer ini akan membagi ilmu dan pengalaman mereka kepada karyawan lain, mereka haruslah individu yang berpengalaman dan profesional serta sudah melalui tahapan seleksi seperti yang sudah disampaikan diatas. Dengan demikian, konsep Training of Trainer akan lebih menguntungkan bagi perusahaan.

Pelatihan karyawan alias employee training yang terus-menerus dilakukan sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang perusahaan mana pun. Namun seringkali, program pelatihan tidak berlanjut hanya karena terbentur masalah biaya, atau perusahaan merasa program pelatihan eksternal tak membuahkan hasil yang diharapkan.

Training of Trainer melatih karyawan yang mampu memberi pelatihan internal kepada karyawan lain, sekaligus memastikan pelatihan sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan membuahkan hasil yang diharapkan.

Supaya pelatihan internal karyawan berbuah kesuksesan, trainer atau pelatih dalam perusahaan harus dilengkapi dengan pengetahuan dan keterampilan yang tepat. Saat Anda melatih para in-house trainer secara teratur, Anda memastikan bahwa seluruh karyawan di organisasi Anda terlatih dengan baik.

Jika trainer di perusahaan sudah dibekali dengan baik, setiap sesi pelatihan internal menjadi lebih bermakna, dan memiliki lebih banyak dampak, bisa memberikan hasil yang lebih banyak dengan lebih sedikit waktu yang dihabiskan.

Dengan menggunakan pendekatan ini, perusahaan dapat dengan cepat membangun tim instruktur internal, dan inisiatif pelatihan dapat berjalan dengan tepat guna.

Efek piramida dari model ‘Training of Trainer’ juga berarti lebih banyak orang dapat dilatih dalam waktu yang jauh lebih sedikit, dan dengan biaya di muka yang lebih rendah. Tapi itu hanya permulaan, masih banyak manfaat lain dari menerapkan program Training of Trainer di perusahaan:

  1. Memastikan transfer keahlian dengan permanen
  2. Menghindari ‘down time” di tempat kerja
  3. Pelatihan dapat dirancang sesuai kebutuhan
  4. Menghemat biaya pelatihan
  5. Mengurangi tingkat turn over karyawan
  6. Menjadi bagian proses regenerasi berbasis kompetensi dan profesionalisme

Training of Trainer Solusi Peningkatan Karir

 

Saat ini banyak training centre yang memiliki program “Training of Trainer” baik untuk melatih para calon trainer perusahaan/organisasi maupun freelance. Namun demikian kualitas dari pelatihan harus tetap menjadi perhatian utama dalam memilih training mengingat nantinya trainer yang dihasilkan akan menjadi kunci utama kualitas trainee/siswa nya.

Training of Trainer Solusi Peningkatan Karir

STAR AVIATION TRAINING CENTRE yang di awaki oleh para profesional di bidang nya kini hadir menawarkan program “training of trainer” berkualitas dengan para instruktur profesional dan berpengalaman di beberapa maskapai penerbangan domestik dan internasional. Training yang disampaikan menggunakan “dual language” juga akan menuntut peserta/calon trainer meningkatkan keberanian dan kemampuan nya berbahasa Inggris sebagai bekal menghadapi persaingan di era globalisasi.

       

Mempersiapkan para trainer perusahaan/organisasi anda atau membekali diri anda sendiri untuk menjadi trainer lepas (freelance) bersama STAR AVIATION TRAINING CENTRE, merupakan langkah awal solusi peningkatan karir individu dan pengembangan dengan penghematan biaya perusahaan anda berbasis kualitas skill dan profesionalisme.

 

Untuk informasi mengenai program “Training of Trainer” STAR AVIATION TRAINING CENTRE dan pendaftarannya, anda dapat menghubungi

Silahkan kunjungi juga training centre kami disini

 

Baca juga artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!